DycodeX, nama yang pertama kali muncul pada 2015 dan saat ini semakin dikenal dengan produk-produk hardware terutama yang berkaitan dengan teknologi IoT, Internet of Things. Sebagai anak perusahaan dari DyCode, sebuah perusahaan IT Solution, DycodeX mencoba menawarkan solusi teknologi terbaik seperti juga perusahaan induknya, dimana perbedaan utamanya hanya pada fokus teknologi yang digunakan.

DycodeX sudah menghasilkan produk-produk seperti Magic Button, Magic Printer, Smart Gallon, Jepret Allegra, Self-service Packaging machine dan banyak lainnya. DycodeX juga, melalui Makestro, memasarkan produk-produk ‘development’ bagi para maker yang ingin mengembangkan sendiri ide mereka dalam bentuk development board, kit, atau package.

DycodeX berharap bisa memberikan one stop solution untuk hardware prototype stage yang maker-friendly. Mulai dari proses pematangan ide, desain interaksi hardware, PCB design, PCBA manufacturing, enclosure design, firmware development, lalu berkolaborasi dengan DyCode untuk pengembangan  integrasi cloud, analisis data, web app dan mobile app.

Semua ini membutuhkan sumber daya tertentu untuk bisa dikembangkan lebih lanjut, termasuk material-material yang dibutuhkan untuk pengembangan hardware. Beberapa material bisa didapatkan dari supplier lokal, beberapa lagi harus melibatkan supplier dari luar negeri. Salah satu yang di‘impor’ oleh DycodeX adalah layanan pembuatan Printed Circuit Board (PCB) dan juga PCB Assembly (PCBA), dimana beberapa komponen elektroniknya sudah terpasang di dalam board.

DycodeX, selama ini memenuhi kebutuhan untuk prototyping stage ini dengan memesan pada supplier dari luar negeri dikarenakan supplier lokal tidak bisa memenuhi kebutuhan ini dengan kualitas yang diinginkan dengan harga yang bersaing. Meng-impor dari luar negeri memang memecahkan masalah, tetapi kita tidak bisa mengabaikan soal waktu pengiriman yang lama, biaya yang tentu lebih besar, dan proses bea cukai yang, bagi banyak orang, sangat menguras emosi.

DycodeX sebagai pemain langsung dalam pengembangan hardware, mencoba melihat hal ini dari sudut pandang lain. DycodeX berpendapat bahwa sudah saatnya ada manufacturing hardware lokal yang bisa menawarkan perakitan prototype dengan kualitas yang mumpuni dengan harga yang bersaing. Dengan demikian, para maker yang selama ini kebingungan bisa mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan mereka tanpa harus melirik ke ’luar’ lagi. Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, hal ini tidak hanya bisa diimpikan tapi bisa terwujudkan, karena DycodeX sudah memiliki alat seperti pick and place machine atau SMT placement machine dan bulk wave soldering facility atau reflow oven yang saat ini berada di sebuah lokasi yang dicanangkan untuk menjadi lokasi dari DycodeX Hardware Manufacture.

Harapan untuk menjadi pemain utama di pasar prototype Indonesia ini terus menjadi semangat DycodeX dalam berkarya. Sebagai pengembang board lokal di Indonesia, khususnya Bandung, DycodeX masih terus berusaha untuk dapat mencapai keinginan mulia tersebut. Adapun gambar-gambar diatas merupakan milik Cytron Technologies dan sudah memiliki izin saat diambil pada kunjungan team DycodeX terakhir kali pada awal 2017 lalu.

DycodeX berterima kasih pada viewers yang turut serta meramaikan April Mop (April Fools) tahun ini bersama DycodeX. Kepedulian dan perhatian kalianlah yang membuat kami yakin bahwa kelak, impian DycodeX untuk mencapai impiannya ini tidak akan menjadi impian belaka. Chill!

 

DycodeX

About DycodeX

One Comment

Leave a Reply