DycodeX Kembangkan Teknologi Bike Sharing End-to-End untuk Startup Kayuh Asal Bogor

By November 7, 2018Asset Tracking, Solutions

Bandung, Jawa Barat — DycodeX sukses kembangkan teknologi end-to-end untuk Kayuh, sistem bike sharing yang diluncurkan di Bogor oleh Wali Kota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto, pada Rabu, 7 November 2018. Kayuh adalah sistem bike sharing yang menggunakan sepeda berbahan dasar limbah kayu pertama di Indonesia.

Sistem bike sharing yang diaplikasikan pada Kayuh adalah pengembangan dari teknologi Smarterbike oleh DycodeX. Smarterbike adalah sistem manajemen armada (fleet management system) end-to-end untuk sepeda yang mengintegrasikan hardware dan software demi pengalaman bike sharing yang aman dan nyaman bagi pengguna.

Untuk Kayuh, DycodeX mengembangkan fitur-fitur bike sharing end-to-end yang meliputi

  1. sistem Smart Lock yang hanya dapat dibuka oleh pengguna tertentu dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi Kayuh,
  2. layar LED untuk umpan balik langsung secara visual bagi pengguna,
  3. konektivitas GSM agar senantiasa terhubung dengan Internet,
  4. akselerometer untuk mendeteksi kejadian seperti kecelakaan atau apabila perangkat dicabut secara paksa, dan
  5. panel surya sebagai sumber daya untuk mendukung baterai.

Hardware Kayuh terintegrasi dengan aplikasi untuk Android (versi iOS akan menyusul) yang dapat dipergunakan pengguna untuk memindai kode QR dan membuka kunci sepeda secara cerdas. Pengguna diwajibkan mendaftar akun terlebih dahulu secara gratis di aplikasi Kayuh. Dengan aplikasi Kayuh, pengguna dapat melihat histori penggunaan sepeda yang dipersonalisasi, seperti jarak tempuh, waktu kendara, serta biaya sewa yang dibebankan.

DycodeX

About DycodeX

Leave a Reply